Hidup hemat ala anak kost

Nah kali ini saya mau membagi pengalaman saya selama hidup menjadi anak kost sob, sebagai anak kost yang hidup mandiri dan dengan biaya secukupnya kita harus menggunakan dengan baik manfaat dari uang yang kita punya. Nah maka dari itu kiata perlu berhemat untuk hidup sebagai anak kost.

Nah bagaimana langkah-langkahnya supaya bisa hidup hemat, nah versi saya kali ini adalah pertama hukumnya wajib memiliki rice cooker, kedua belilah minyak goreng ukuran besar , ketiga pastikan kamu memiliki piring ,sendok dan gelas pribadi serta dispenser atau aqua galon.

Untuk mengirit saya biasanya lebih suka belanja dipasar untuk sekali sehari 3x makan, jadi saya mensiasatinya dengan variasi yaitu  212, artinya dua hari makanan sendiri satu hari makanan bebas atau makan enak diluar :D

Tapi bagi kamu yang serius inign berhemat bisa saya kuatir gizi kamu tidak terpenuhi dengan baik sob, jadi jangan dipaksakan yah.

Ok balik lagi, saya biasanya kalau pagi belanja tempe, sayur singkong(bebas) sama buah pisang.

Budget yang dihabiskan hanya Rp 14 ribu sob,

harga daun singkong seikat Rp 2rb, pisang Rp 5000 seikat ukuran sedang, dan tempe Rp 5 rb. biasanya ada juga yang lebih biasanya nih sob saya suka nawar beda 1000 atau 2000.

hehehe.... (belajar dari ibu-ibu dipasar)

Lucunya nih kalau kita ga mau beli biasanya pedagang yang butuh harganya jatuh gpp, yang penting laku, Oh iya sayakalau belanja sekitar jam-jam 9 pagi sob, biasanya kalau pagi sayurnya masih segar-segar, kalau bisa sih saran saya jam 6 atau 7 pagi, kalau mau fresh.

nah kita juga harus perhatikan juga belanjaan yang kita beli sob, saya sendiri aja ga pandai-pandai amat belanja pokoknya tinggal comot atau si pedagang yang ambilin, hehehe...

tapi terus terang karena sudah langganan jadinya pedagannya baik dan tahu mana yang bagus dan dikasih harga pas sama dia.

nah singkat cerita saya hanya belanja untuk kebutuhan sehari karena tidak memiliki kulkas. :D

jadi yah begitu sampai kostan , cuci sayur, kupas tempe, dan daun singkong lalu masak jadi sayur singkong.

Nah bagi kamu yang suka tempe rebus (katanya sih lebih sehat) campurkan dengan daun singking, pertama, jika air sudah mendidih masukan garam hingga terasa asin sesuai selera, kemudian masukan tempe lalu tutup, tunggu kira-kira tempenya sudah mulai lunak dan kamu coba makan rasanya dah matang, baru masukin daun singkong lalu tutup lagi.

Nah setengah jam kemudian kamu lihat daun singkongnya jangan sampai lembek supaya gizinya gak hilang sob, jadi lumayan agak kesat itu bukan berarti belum matang,memang seperti itu daun singkong seratnya agak tinggi.

baru deh kamu angkat atau matikan rice cookernya, dan siap dihidangkan dengan nasi putih.

buat variasi biasanya saya jambal/gado bawang merah dan cabe.

nah kalau bawang putih cocoknya sama cabe hijau /rawit yang masih mentah plus tempe goreng sama sayur bayam.

nah sudah begitulah kira-kira pengalaman saya hanya dengan budget 10-15 rb /hari sob, buset dah kata orang irit banget, padahal harga segitu sih buat sekali teguk minuman botol di mall yah, hehehe...

Nah kalau kamu sendiri bagaimana sob. kalau ada pengalaman hidup hemat versi kamu, boleh dishare di komentar bawah ini yah.

Salam anak rantau, salam sukses.


Comments
0 Comments

No comments

Powered by Blogger.