Pedoman Pengunaan Uang

Kali ini saya akan membahas terapan penggunaan uang untuk skala Kaya, Menengah,Miskin. Sebelum saya membahasnya ada satu pertanyaan yang ingin saya tanyakan kepada anda, Apakah anda seorang yang susah mengendalikan uang? Apakah anda seorang yang tiba-tiba tidak pernah mengecek kembalian uang anda? Apakah anda seorang yang pelit dalam penggunaan uang? Atau Apakah anda seorang yang boros?

Masing-masing orang mempunya habid yang beda dalam mengelola uang, dalam kenyataanya sangat sediki orang yang mawas diri dalam hal perencanaan keuangan, hal ini kita sebut manajemen keuangan. Nah dari berbagai sumber pakar keuangan sepakat bahwa untuk menggunakan uang ada 2 hal yang sering kita lakukan yaitu kita menerima pemasukan mungkin bisa berasal dari gaji bila kita karyawan atau pengusaha bila kita jualan,maupun investor kita mendapat nilai investasi kita, nah yang kedua adalah pengeluaran. Pengeluaran ini tidak terbatas dan tak terbendung jika tidak ada aturannya, dan hal ini bisa menyebabkan crash atau hutang yang akhirnya bisa membuat kita susah.

Pedoman yang sederhana dan termudah bagi orang awam adalah “UANG PEMASUKAN HARUSLAH DI MANAJEMEN DARI SEGALA KEBUTUHAN DAN FUNGSINYA”, kenapa saya tulis besar-besar karena inilah yang menjadi kunci bagaimana orang bisa survive/bertahan dalam hidup, hingga akhir bulan masih ada uang.



Mari kita bahas, mulai sekarang anda haruslah menulis setiap pemasukan dan pengeluaran anda dengan detail, selama satu minggu anda review kira-kira berapa sisa uang yang anda miliki apakah cukup dengan biaya pengeluran standar untuk kebutuhan 3 minggu didepannya, tanpa diluar biaya tak terduga?

Lalu bandingkan dengan anda sudah memasukan post-post secara detail pemasukan dan pengeluaran yang sudah dipotong bersih.

Nah sisa uang /potongan bersih tersebut berapa persenkah dari nilai pemasukan anda? Bila kurang dari 30% anda tidak aman. Pastikan 30% adalah nilai aset/tabungan anda. Dan tidak boleh dipakai.

Maka dari itu hidup haruslah dengan bijaksana, menggunakan uang untuk tujuan yang mempunyai fungsi lebih dan sangat dibutuhkan.

Jadi secara sederhana anda haruslah merubah kebiasaan,  mengendalikan keinginan, dan rubah pola pikir /mindset anda dari sekarang yaitu pemasukan saya haruslah minimal 3x lipat dari pengeluaran saya,hal ini diberlakukan agar posisi anda aman.

Jadi sob, Pedoman Uang yang saya bahas ini sangat simple kok,  anda berpikir bijak, anda pilah dan pilih lalu anda putuskan. Dijamin dengan cara yang tepat diakhir bulan anda tidak akankekurangan kecuali anda terkena musibah atau faktor x, diluar kemampuan kita.

Semoga dengan tulisan artikel ini pikiran anda terbuka agar lebih mawas diri dan menghargai sekecil apapun nilai uang dan belajar kepada mereka yang hidup dijalanan yang susahnya mencari uang, 
Comments
0 Comments

No comments

Powered by Blogger.